Menambah DC adaptor pada kabel USB

shares


Menyambung postingan tentang solusi USB device not recognized - Salah satu penyebab masalah perangkat USB tidak di kenali adalah karena kurangnya suplay arus pada perangkat USB akibat penggunaan extender cable yang terlampau panjang hingga mengakibatkan tingginya nilai resistensi dari konek komputer ke perangkat USB. Perlu di ketahu setiap perangkat USB minimal membutuhkan suplay daya sebesar 5Volt DC 100 mA, Jika minimal suplay arus tidak terpenuhi maka akan terjadi masalah perangkat USB tidak di kenali oleh system komputer, dan penyebab utama masalah ini adalah akibat pengguanaan kabel sambungan USB yang terlalu panjang sehingga dapat menurunkan daya yang di suplay dari CPU komputer.

Dan untuk mengatasi masalah suplay yang tidak terpenuhi di atas anda bisa menggukan trik penambahan arus secara terpisah menggunakan adaptor DC. Jika anda bingung mendapatkan adaptor DC yang tepat untuk menambah arus pada USB extender, Biar praktis saya sarankan gunakan saja carger hape bekas, atau bisa membeli carger hape baru di konter hape yang tidak terlalu mahal. Karena carger hape hanya di jual dengan harga 15 sampai 20 ribu saja. dan berikut adalah cara menambah voltase pada kabel perpanjangan USB. Silahkan lihat dahulu gambar di bawah ini.


Setelah anda melihat gambar di atas mungkin sudah sangat jelas gambaran anda tentang bagaimana cara menambah arus DC pada extender kabel USB. Namun begitu akan tetap saya berikan sedikit penjelasan tentang gambar di atas.

Setiap USB extender cable memiliki empat kabel yang berfungsi sebagai line arus plus 5V, data +, data- dan arus negatif atau ground. Dan untuk menambahkan arus pada kabel tersebut anda cukup membuka kabel pembungkus pada extender menggunakan cuuter atau gunting kemudian menyabungnya dengan kabel dari carger hape yang sudah di potong juga, Solder secara kuat dan baik agar sambungan sempurna, jangan sampai terbalik kutup positif dan negatifnya ya. kerena dapat menyebabkan kerusakan pada adaptor bahkan kalo tidak beruntung dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat USB, Dan setelah kabel berhasil disambung bungkus kembali dengan solasi sampai rapat agar tidak terjadi korsleting.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment