Mengatasi odin fail saat flashing

shares


Proses FAIL! saat flash samsung via Odin.exe - Odin adalah tools flashing firmware yang di buat untuk melakukan upgrade dan flashing samsung android. Ada bebebrapa versi odin yang ada dan sudah di sesuaikan dengan type handphone dan firmware yang di gunakan untuk jenis atau seri smartphone samsung.

Cara menggunakan tools odin sebenarnya sangat mudah, namun sering kalia adala masalah yang di hadapi sebagai contoh Proses FAIL ! seperti gambar di samping. Gadgetrixs sendiri sudah bebrapa kali mengalami masalah serupa, jadi tau betul bagai mana cara mengatsi masalah tersebut. Namun bukan berarti hanya satu langkah mudah untuk memperbaiki masalah tersebut, Karena kejadian semacam itu bisa di sebabka beberapa hal. Meskipun pesan errornya sama namun banyak faktor yang menjadi peneyebab gagalnya flashing samsung via odin, dan anda yang sedang mangalami masalah ini harus mencoba memperbaikinya dengan satu demi satu cara yang akan sebutkan di bawah ini.

Penyebab dan cara mengatasi odin FAIL!

  1. Penyebab yang pertama adalah koneksi handphone dengan komputer kurang baik. Dalam hal ini anda harus mengganti kabel data yang anda gunakan dengan kabel yang berkualitas. Tidak harus dengan kabel original samsung, Menggunakan kabel dari handphone lain pun juga bisa. Asal kabel data tersebut masih dalam kondisi baik.
  2. Yang kedua adalah kesalahan dalam menggunakan versi odin, Karena tiap tiap seri samsung sudah di buatkan sendiri versi odinya, Jadi pastikan anda menggunakan odin dengan versi yang benar seperti yang di sarankan. Jika anda masih ragu atau belum tau versi odin yang tepat untuk anda gunakan, silahkan coba satu persatu versi odin yang ada.
  3. Kesalahan firmware. Tiap tiap seri smartphone samsung memiliki kernel yang berbeda, Bahkan dalam satu seri bisa mempunya firmware yang berbeda. Kita ambil contoh dala kasus samsung galaxy V itu memiliki dua versi firmware G313HZDBU0AOD1 G313HZOLB0AOD1 XXV (442) dan G313HZDBU0AOB1 G313HZOLB0AOB1 XSE 422. Jadi untuk kasus yang ketiga ini anda harus mencari tau apakah anda sudah menggunakan firmware yang tepat. Atau jika perlu silahkan download beberapa file firmware sampai anda menemukan firmware yang pas.
  4. Kerusakan pada file firmware yang anda download, Kerusakan ini terjadi kemungkinan besar pada saat anda mengunduh file kurang sempurna atau file firmware terjadi korup. file firmware samsung memiliki extensi .tar.md5, jadi jika anda mendapatkan file berformat .zip atau .Rar silahkan etaract dahulu sampai mendapatkan file .tar.md5
  5. Pastikan firmware anda flash dengan odin dari tab AP atau tab PDA. buka pada tab lain. namun jika jenis firmware terdiri adri beberapa file silahkan sesuaikan dengan tab masing masing, dan pastikan penempatnay benar.


  6. Kerusakan pada hardware hanphone, dalam kasus yang pernah saya alami, error FAIL! yang tidak dapat di tangani dengan semua cara di atas, sudah dapat di pastikan kerusakan pada hardware, dalam hal ini kerusakan terdapat pada chips eMMC. satu satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan membawa handphone anda ke tukang service untuk melakukan penggantian eMMC.
Demikian artikel singkat tentang penyebab dan solusi FAIL1 pada saat melakukan flashing samsung android via odin, Semoga bermanfaat dan memberi sedikit petunjuk bagi anda semua yang saat ini sedang mengalami permasalah seperti yang saya sebutkan di atas.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment