Penyebab dan Solusi USB device not recognized

shares


USB device not recognized - Atau jika di terjemahkan dalam bahasa indonesia adalah "perangkat USB tidak di kenal" sering kita menemui masalah semacam ini pada saat kita menghubungkan perangkat ke komputer melalui port USB. Sehingga menyebabkan perangkat yang kita hubungkan ke komputer menjadi mal fungsi sampai tidak terdektesinya perangkat pada system komputer.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mal fuction seperti kasus di atas, dan kebanyak kasus masih dapat di atasi dengan beberapa trik sederhana, namun ada juga yang sudah tidak dapat di atasi, dan berikut adalah beberapa faktor penyebab USB device not recognized dan solusinya.

  1. Kurangnya suplai arus 5volt yang di butuhkan setiap perangkat USB, kasus ini biasanya terjadi pada penggunaan perangkat USB dengan bantuan kabel tambahan atau USB extender cable, kabel sambungan yang terlalu panjang dapat menyebabkan turunya arus vcc ke perangkat USB karena pada dasarnya kabel yang terlalu panjang dapat menghambat karena berubah nilai restinsensinya atau berubah menjari resistor yang menghambat. Dan dalam kasus ini bisa di atasi dengan menambah DC adapter tambahan pada line plus dan minus kabel extender. Adapter tambahan ini bisa kita ambil dari carger handphone. Lihat cara menambah adapter DC pada USB extender di sini.

  2. Masih pada masalah extender kable, Setiap kabel USB terdapat empat kabel untuk arus plus dan minus vcc 5volt dc dan 2 kabel lainya untuk data+ dan data-, jika langkah nomer satu sudah di lakukan namun masalah belum juga teratasi, bisa jadi masalah berada pada line data. Dua kabel yang berada di posisi tengah pada kabel extender, biasanya karena data line kabel putus. untuk yang kedua ini anda harus mengganti kabel dengan yang baru, Atau jika anda telaten bisa juga mencari titik line kabel yang putus kemudian menyambungnya kembali.

  3. Port USb pada komputer rusak. Sering di gunakanya port USB pada komputer dapat menyebabkan masalah seperti port yang longgar dan lain lain. pada kasus ini coba colokan perangkat USB ke port yang lain. jika pada port lain perangkat dapat bekerja maka dapat di pastikan kerusakan pada port USB tadi. Anda perlu mengganti port USB tersebut.

  4. Kerusakan pada perangkat USB itu sendiri, Setiap perangkat keras memiliki daya tahan tersendiri. perangkat USB yang sudah rusak juga menjadi faktor yang paling utama munculnya kasus di atas, dan jika semua langkah di atas sudah ada lakukan namun masalah tetap terjad maka dapat di pastikan kerusakan terdapat pada perangkat USB anda, tidak ada solusi lain seain mengganti perangkat anda dengan yang baru.
Demikian semoga artikel tentang USB device not recognized ini dapat memperi sedikit pencerahan untuk anda semua yang saat ini tengah menghadapi masalah seperti screenshoot di awal postingan ini. 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment