Atasi Lenovo A2010 kamera error terbalik

shares


Kemarin saya menadapat servisan hape merk Lenono Seri A2010-a dengan keluhan kamera error, Kamera sekunder atau kamera belakang tidak dapat di buka dan kamera depan bisa di gunakan namun gambar terbalik atas di bawah dan bawah di atas. Setelah searching masalah ini di google ternyata belum ada yang menulis dan memberi solus untuk masalah ini.

Usaha saya tidak berhenti, Saya coba masuk ke grub Lenovo A2010 indonesia untuk sharing sesama member tentang masalah ini, siapa tau ada yang punya solusinya, Tapi apes, justru sayamendapat pertanyaan yang sama dari member lain, Artinya tidak ahnya saya saja yang sedang mencari solusi utuk masalah ini.

Nah sapa tau saja, artikel ini dapat mebantu kalian yang saat ini sedang mengalami masalah yang sama dengan yang baru saja saya alami, Dan karena saya sudah Solved dengan masalah tersebut, maka saya sengaja menulis ini sebagai Tambahan solusi buat kalia semua. Ada tiga Langkah yang harus kita lakukan untuk memperbaiki masalah Kamera error terbalik pada Lenovo A2010.

Cara mengatasi Kamera terbalik pada Lenovo A2010.

  • ( Catatan: cara ini akan menghapus semua data dan file di memori internal Lenovo A2010 kalian.) Lakukan Factory resset atau kembali ke pengaturan pabrik, Caranya adalah, Masuk ke menu pengaturan ► Buat cadanga & setel ulang ► kembali ke pengaturan parik. Tunggu hingga proses pengaturan pabrik selesai dan hanphone kembali menyala, Lalu buka aplikasi kamera, Jika masih error maka kalian harus melangkah ke cara selanjudnya.

  • Jika langkah di atas tidak membuahkan hasil, Silahkan lakukan Flash sofware atau flashing firmware lenovo A2010 kalian. Untuk cara flashingnya bisa kalian lihat di sini, Sedangkan untuk file pendukung flashing bisa kalian lihat di sini.

  • Cara terakhirm dan ini pula cara yang sukses menyelesaikan masalah saya, Namun di butuhkan sedikit keahlian dan harus siap kehilangan garansi karena kita akan bongkar Lenovo A2010 kita. Sebelumnya silhakan lihat gambar di bawah ini :


    Pada gambar di atas adalah foto dari kamera belakan Lenovo A2010 kalian, Dan yang saya beri kotak merah adalh Socket yang enghubungkan kamera dengan mainboard. Pada kasus yang saya alami ternyata socket tersebut kendor dan hapir lepas dari mainbordnya, Saya tidak melakuka apapun, saya hanya menekan socket tersebut sampai terasa ada suara " klik " tanda socket sudah terpasang dengan benar dan kuat. Saya coba tutup kembali hape dan nyalakan, Setelah meyala test kamera dan... Jeder..!! kaera belakan normal kembali dan kamera depan sudah tidak terbalik lagi. Problem is Solved. 
DONE...!!

Related Posts

4 comments:

  1. Saya juga punya problem yang sama, pakai cara terakhir sukses... :-D

    ReplyDelete
  2. Terimakasih gan infonya dan succses

    ReplyDelete
  3. whuih trimakasih gan infonya mujarap. Lenovo A7000a saya kamera depan tampilannya terbalik dan kamera belakang tidak terbaca. Ternyata socket kamera belakangnya kendor. Setelah dikencangkan, kamera depan jadi normal, kamera belakang pun berfungsi.

    ReplyDelete