Cara flash dan upgrade android menggunakan Odin

shares

Jika kemarin saya sudah berbagi Tool Odin3 lengkap dan Samsung USB driver ( Lihat di sini ), maka pada kesempatan kali ini saya ingin juga berbagi tips, Cara Flasing ROM Android Samsung.

Sebelum melakukan flash, poin paling penting yang harus dilakukan adalah melakukan BACKUP, BACKUP dan BACKUP ROM. Karena apabila terjadi kesalahan saat proses flashing, maka kita bisa merestore (mengembalikan) ke posisi sebelumnya. Adapun alat serta aplikasi yang diperlukan adalah sebagai berikut :

Lihat video cara menggunakan odin 



Peralatan yang di butuhkan :
  1. Komputer dengan Systemoperasi windows
  2. Tools ODIN3
  3. Kabel data  USB.
  4. Samsung USB Driver.
  5. Firmware yang sesuai dengan seri Samsung Android kalian

Cara flash dan upgrade :
  • Install Samsung USB Driver pada komputer.
  • Ekstrak ODIN dari file zip kemudian jalankan dengan cara klik kanan, pilih run as administrator.
  • Matikan ponsel. Masuk ke menu downloading dengan cara menekan tombol "Power + Home + Volume Bawah" secara bersamaan, jika sudah menyala lepas tombol power, tombol lainya tetap di tekan sampai masuk ke menu pree doaloading kemudian lepas semua tombol, setelah itu tekan lagi tombol "Volume Atas satu kali" untuk  melanjutkan ke menu download mode seperti gambar di bawah ini. 


  • Jika sudah berada pada mode download seperti gambar di atas, sekarang hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel data.
  • Lihat pada Odin yang sudah di jalankan tadi, pastikan terdapat ID port usb di bawah "ID:COM", jika tidak ada, coba ganti kabel usb atau pindahkan kabel usb ke port usb lainnya, atau ganti dengan Odin3 versi lain.

  • Klik tombol "AP atau atau PDA atau Modem" ( beda versi odin beda namanya ) dan cari tempat dimana Firmware android yang berformat .tar kalian simpan, jika sebelumnya kalian mendapatkan file berformat .zip silahkan extract dahulu sampai mendapatkan file berformat .tar (terkadang juga berformat tar.md5) . selanjutnya klik open lalu lanjutkan dengan mengklik tombol start pada odin3.
  • Saat proses pemasangan berlangsung, jangan sekali-kali mencabut kabel usb, menutup aplikasi odin atau mematikan komputer. Jika hal ini terjadi, maka proses pemasangan akan terhenti.
  • Tunggu proses flashing hingga selesai sampai keluar tulisan Pass! pada odin, Silahkan lepaskan handphone dari kabel data dan setting ulang konfigurasi barunya.
  • Dengan demikina proses flash atau upgrade Android samsung telah selesai.
Demikian tips singkat cara flash dan upgrade android samsung menggunakan Odin3, jika ada hal yang kurang anda pahami bisa bertanya melalui kolom komentar di bawah, InsyaAllah pertanyaan anda akan kami respon secepatnya. Untuk mengunduh file Odin3 dan Samsung USB Driver silahkan kunjungi Halaman ini.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment