Solusi SP Flash tool mentok 29%

shares


Memecahkan masalah SP Flashtool mentok di 29% dengan pesan error BROM ERROR : S_FT_DDOWNLOAD_FAIL (4008) Beberapa hari yang alau indooprek melakukan flashing Android Lenovo dengan type seri A369i akibat bootlop, Masalah yang pertama yang harus di hadapai adalah sulitnya mencari file firmware yang tepat, karena Lenovo A369i ini memang memiliki beberapa versi firmware seperti firmware row 110, row 111, row 201 dan row lite, Setelah beberapa kali mencoba dengan file yang sudah indooprek punya yakni firmware version row 111 dan 108 ternyata tidak membuahkan hasil dan terdapat pesan error rom tidak cocok dengan patisinya. Dan akhirnya Masalah pertama ini terselesaikan seteah indooprek melakukan flashing menggunakan firmware row 201, Lega akhirnya masalah ini terselesaika juga, Selanjudnya tinggal bikin nota buat user dan terima uang jasa.

Selang dua hari user atau pemilik hape tersebut datang kembali ke workshop Indo oprek, Dan ternyata hape android yang kemarin indooprek flash kembali error dan bootlop. Tanpa pikir panjang user tersebut saya suruh untuk menunggu proses pengerjaan. Karena pengalaman kemarin sudah cukup untuk berfikir bahwa pengerjaan masalah ini tidak akan memakan waktu lama. User pun bersedia menunggu karena memang itu yang dia inginkan.

Proses flashing segera di mulai, Sebelumnya semua tampak baik baik saja karena semua berjalan normal, Saya pun membiarkan proses flashing berjalan sambil mengerjakan pekerjaan lainya. karena proses flashing ini saya perkirakan memakan waktu kurang lebih dua puluh menih. Setelah agak lama saya coba lihat lagi proses flashnya, Semula saya kira proses masih berjalan karena tidak muncul pesan error dan progres bar sudah menunjukan proses berjalan sudah 29%. Saya tingga lagi lagi sambil berkata dalam hari, " kenapa lama sekali, biasanya tidak selama ini.

Setelah beberapa waktu kemudian saya cek kembali proses flashingnya ternyata masih saja mentok di 29%, Sata coba stop ternyata tidak bisa, terpaksa saya menunggu sampai selesai, Dan apa yang terjadi, setelah lama menunggu di 29% selang sekitar 30 menit muncul pesan error seperti gambar di atas. Kemudian saya coba ulangi proses flashingnya, Namun ternyata tidak membuahkan hasil meskipun sudah saya coba beberapa kali mengulangi proses flashingnya. angkah selanjutnya adalah melakukan memmory chek dengan SP Flash tool juga, Dan ternyata oh ternyata kerusakan ada pada harware bukan pada softwarenya. Setelah melakukan memmory chek terdapat corup di beberpa block emmc. Dan saya pun berani mengambil kesimpulan yang rudak adalah unit emmcnya. Dan harus di ganti dengan unit baru.

Mengingat eMMC ini harganya tidak murah, saya tanyakan dahulu kepada pemilik hape tetang kersakan dan harga harware yang harus di ganti beserta biayanya. Setelah nego beberapa saat akhirnya pemilik hape menyetujui harga yang sudah di negosiasikan sebelumnya dengan pengerjaan dua hari.

Done..!! ternaya benar setelah emmc di ganti dan coba saya flash ulang untuk memastikan bahwa softwarenya baik baik saja proses berjalan mulus. Dari sini saya ambil kesimpulan bahwa masalah Memecahkan masalah SP Flashtool mentok di 29% dengan pesan error BROM ERROR : S_FT_DDOWNLOAD_FAIL (4008) hnya dpat di atasi dengan penggantian eMMC, karena msalah ini tidak akan bisa di perbaiki hanya dnegan flashing firmware saja baik dengan SP flash tool maupu tool direct eMMC lainya.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment