Mengatasi tulisan PERIKSA pada meteran pulsa

shares


Khawatir dan penuh tanda tanya ketika kita melihat meteran listrik prabayar kita terdapat tulisan "PERIKSA", Seperti yang baru saja tetangga saya alami beberapa hari lalu kemudian memanggil saya untuk memeriksanya, Waktu itu saya hanya mengatakan, " saya memang tau dan sedikit mengerti tentang instalasi listrik, Tapi masalah kerusakan pada peralatan listrik dalam hal ini adalah meteran listrik adalah kewenangan pihak PLN". Namun oke lah, karena saya juga penasaran akhirnya saya memutuskan untuk melihat masalah yang sedang menimpa tetangga saya itu.

Saat saya datang ke rumah mereka, saya hanya mengajukan beberapa pertanyaan layaknya ditektif yang seadng mengintrogasi tersangka kejahata. Mulai saya tanyakan, Kapan kejadian itu diketahui, sampai sudah melakukan apa saja pada meteran listrik hingga terjadi error seperti itu. Maklumlah, terkadang orang itu memiliki rasa penasaran berlebih ketika melihat tombol-tombol digital pada suatu perangkat. Saya curiga ada orang yang sudah sengaja menekan tombol tersebut hingga mengabitakan munculnya tulisan periksa.
Oke langsung saja kembali ke Point artikel ini adalah cara mengatasi munculnya tulisan "PERIKSA" pada meteran PLN prabayar atau pada meteran pulsa di rumah. Silahkan ikuti cara di bawah ini jika meteran listrik rumah anda mengalami error yang sama.

  1. Silahkan telephone Call center PLN di 123 dari semua operator, Jika panggilan anda di terima oleh customer services PLN silahkan sampaikan permasalahan anda pada customer care, Maka anda akan di pandu untuk mengatasi masalah tersebut dengan memberikan kode perbaikanya, Namun jika cara dengan panduan customer care tersebut tidak membuahkan hasil biasanya dari PLN akan menerjunkan petugas langsung ke rumah anda, Namun sayang petugas hanya akan datang paling cepat tiga hari dari sejak anda melapor.
  2. Sembari menunggu petugas yang datang entah kapan, Silahkan lakukan perbaikan sendiri seperti yang akan saya jelaskan. Pertama. silahkan lihat di bawah meteran atau di bawah sekering PLN terdapat kabel yang terhubung ke besi/tembaga arder yang menancap di tanah. Coba kencangkan hubungan antara kabel dan besi tembaga tersebut. Sebab ada beberapa kasus tulisan periksa muncul karena ground yang kurang bagus.
  3. Yang kedua, jika langkah nomer 2 tidak juga membuahkan hasil, Matikan semua perangkat listrik di dalam rumah anda tanpa kecuali. Matikan semua perangkat yang menggunakan listrik, cabut colokan dan matika sakelar. Jika tulisan periksa tidak hilang. Maka memang kerusakan terdapat pada meteran, Silahkan tunggu saja petugas datang untuk mengganti meteran listrik anda.
  4. Yang terakhir jika setelah mematikan semua perangkat elektrik ternyata tulisan Periksa hilang, Anda boleh sedikit lega, Sekarang coba nyalakan perangkat satu persatu, setiap menyalakan satu perangkat silahkan lihat dahulu meteran, Jika masih aman lanjutkan nyalakan satu demi satu perangkat elketrik kembali, Dan jika tulisan Periksa muncul pada saat anda meyalakan salah satu perangkat, Berarti masalahterdapat pada perangkat tersebut, Bisa jadi adanya induksi yang kurang baik, atau perangkat tersebut di gunakan utnuk sarang semut, bisa juga sakelar yang sudah dalam kondisi kurang baik.
Seperti kasus pada meteran tetangga saya, ternyata tulisan periksa muncul karena salah satu sakelar lampunya di pakai untuk sarang semut hingga menyebabkan hubungan arus kurang baik, bahkan terdapat korosi pada tembaga dalam sakelar tersebut.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment