TERBARU | Menghidupkan motor Honda tanpa kunci kontak

shares


Menghidupkan motor Honda yang kuncinya hilang - Kejadian menjengkelkan nih guys, Kejadianya tadi siang pulang ngampus, Seperti biasa naik motor butut yang belum butut banget tapi lobang kuncinya sudah aus, Wal hasil sampai di rumah kebingungan waktu mau matiin mesin si kunci kontak sudah tidak ada di tempatnya. Mau balik lagi nyari di mana jatuhnya males banget, Selain karena jogja lagi panas - panasnya juga pasti masih macet di jam pulang sekolah seperti ini.

Done! masalah pertama kelar juga, berhasil matiin mesin motor tanpa kunci kontak, setelah tadi coba tarik cock mesin tetep ga mau mati akhirnya wafat juga setelah cabut cop busi... hehehe...

Usai makan siang baru inget kalo dulu pernah pake kunci punya temen dan ternyata bisa saya gunakan untuk mengunci motor saya, Akhirnya pergi ke tempat temen yang masih tetangga buat pinjem kunci karena motor saya masih dalam kondisi ON, Agak sorean niat hati mau keluar jalan sambil bikin kunci duplkat ke tukang kunci, Baru ngeh lagi kalo motor tadi sudah saya matikan dan apesnya lagi temen saya sedang pergi entah kemana. duh gimana nih nyalain motornya tanpa kunci kontak.

Jadi teringat Jaman praktek di STM dulu, nayalain mesin motor tanpa kunci kontak, Kebetulan dulu motor yagng buat praktek adalah Astrea Grand, artinya masih sama- sama honda. Dan meskipun sempat gagal dan agak sedikit pusing akhirnya saya bisa menyalakan kembali motor saya tanpa kunci kontak, Bagaimana caranta ? Simak deh trik dari megiper ini... hahaha...

Menyalakan Mesin motor honda tanpa kunci kontak :

Pada motor honda jenis lama yang masih menggunakan CDI bersumber dari spool pengapian seperti Astrea Grand dan jenis yang lebih tua terbilang sangat mudah karena kalian hanya perlu melakukan hal di bawah ini :

  1. Buka Cup / sayap kanan kiri motor sampai kalian menemukan socket yang menuju ke Kunci kontak
  2. Cari Socket yang berjumlah 4 kabel, kemudian lepaskan socket tersebut.
  3. Nyalakan motor dengan Kick starter atau starter kaki.
  4. Motor anda pasti dapat menyala meskipu tanpa di kunci On dahulu
Pada motor honda jenis baru yang sudah menggunakan CDI dengan suplay arus dari Accu, Ini tentu akan berbeda dengan cara di atas, kita butuh peralatan dan yang pasti paling tidak anda tidak buta warna, heheh... jadi caranya adalah seperti gambar di bawah ini :
Penjelsan gambar di atas :
  • Paling kiri adalah gambar box kunci kontak
  • Garis warna-warni adalah kabel yang menuju ke kontak
  • Dua kotak putih adalah Socket kabel kontak

Dan agar motor dapat menyala tanpa kunci kontak pada Honda jenis baru kalian harus melakukan cara di bawah ini.
Penjelsan gambar di atas :
  • Lepas / potong Kabel warna hijau yang menuju kontak ( Hijau adalah ground ) yang jika terhububg ke kabel hitam garis putih akan membuat CDI tidak bekerja. Saat konta posisi Off berarti kedua kabel tersebut terhubung.
  • Hubgungkan kabel merah dengan kabel hitam garis merah untuk memberi daya ke CDI ( kabel merah adalah (+) dari Accu dan hitam garis merah adalah pengapian dari CDI )
  • Nyalakan motor dengan kick starter
  • NOTE, dalam kondisi tersebut motor dapat menyala namun kelistrikan tidak berfungsi, kalian tidak dapat menyalakan sein, klakson dan indikator dasboard juga akan mati.

Bagaimana biar kelistrikan juga bisa menyala meskipun tanpa kunci kontak On ? silahkan lihat gambar d bawah ini :
  • Masih sama seperti gambar nomer dua, hanya saja kita hungungkan juga kabel warna hitam polos, sambung jadikan satu dengan kabel merah dan hitam garis merah. Dan dalam posisi seperti itu juga kita dapat menyalakan motor dengan starter tangan

Related Posts

0 comments:

Post a Comment