Cara Mengatasi HP Reboot Sendiri

shares


Mengatasi handphone restart sendiri

Sedang enak - enaknya memberondong para zombi yang mendekat, eh, tiba - tiba muncul notifikasi kalo HP kita restart. Kadang setelah beberapa waktu, adalah hal yang wajar jika HP mengalami kerusakan software atau hardware yang menyebabkan restart. Ada kemungkinan restart ini terjadi secara otomatis setelah kita memasang aplikasi, menerima data, atau mendownload video. Kunci mengatasi masalah ini adalah menemukan akar permasalahan dan memutuskan langkah paling tepat untuk mengatasinya. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar mampu mengatasi handphone restart sendiri sebelum bersilaturahim ke service center atau counter terdekat. Simak caranya ya!

Periksa Posisi Baterai


Langkah pertama dalam memperbaiki handphone restart sendiri adalah memeriksa baterai, apakah terpasang dengan benar dalam tempatnya atau tidak. Salah satu penyebab restart adalah baterai yang longgar. Jika agak longgar, bisa menyebabkan HP mati dan hidup sendiri. Solusinya, ambil kertas tipis seukuran baterai dan letakkan di bawah tutup HP. Lipat kertas apabila kurang tebal, lakukan hingga baterai benar – benar terpasang dengan rapat.

Ganti Baterai

Berikutnya, sebelum mengeksekusi solusi untuk menyembuhkan handphone yang restart sendiri ini, silahkan Anda mengisi baterai hingga penuh terlebih dahulu, bisa melalui desktop charger. Untuk langkah ini, Anda tak ingin kehabisan baterai bukan? Jika restart terus terjadi, lepas baterai dan colokkan charger ke HP Anda. Setelah itu, pasang baterai baru. Ingat, yang original ya, kalau abal – abal bisa – bisa malah memperparah kerusakan HP Anda. Jangan menyalakan HP sebelum Anda yakin kalau baterai benar –benar terisi penuh.

Lakukan Soft Reset

Belum berhasil? Anda bisa melakukan soft reset untuk mengembalikan pengaturan HP ke awal. Langkah ini bisa berbeda untuk masing – masing HP, tapi umumnya masuk ke “Setting / Pengaturan” dimana Anda bisa memilih “Set Default”, “Reset to factory settings” atau sejenisnya. Setelah itu, tunggu dan perhatikan kondisi HP Anda, apakah kembali normal atau masih sering restart.

Hapus Aplikasi


Hapus semua aplikasi yang tidak Anda dapatkan dari sumber resmi. Produsen HP atau penyedia layanan internet biasanya merekomendasikan aplikasi yang aman. Namun ada di antara aplikasi yang tidak bisa kita unduh dari sumber resmi. Jika demikian, meskipun tidak ada virus yang terkandung di aplikasi tersebut, file yang tidak aman bisa saja menyebabkan gangguan pada software HP Anda. Coba Anda install anti virus, ada kemungkinan gangguan pada HP disebabkan oleh virus. Bisa juga Anda cek lewat PC dan memilih mode Transfer Media File, lalu gunakan anti virus yang ada di PC Anda untuk memeriksanya.
Cek Software HP Anda. Anda bisa memeriksa situs resmi produsen HP Anda dan carilah update terbaru. Setelah itu unduh ke HP Anda. Versi terbaru adalah perbaikan versi sebelumnya, yang menghilangkan bug atau kekurangan lain.

Hard Reset

Lakukan Hard Reset jika cara di atas belum cukup mujarab. Perlu Anda perhatikan, ini adalah langkah yang akan menghapus seluruh data, pengaturan, kontak, foto dan lain – lain. Langkah ini biasa ditempuh bila Anda menjual HP. Untuk caranya, mungkin berbeda tiap HP, Anda bisa membacanya di buku panduan atau cari saja di google. Bila memang memungkinkan, back up dulu data Anda dengan memindahkan ke PC.


Oke, ketika semua cara di atas tak kuasa memecahkan masalah handphone yang reboot otomatis, seperti kami ungkapkan di awal coretan ini, tibalah saatnya Anda pergi ke service center terdekat dari rumah Anda. Teknisi yang berpengalaman akan  mampu mengidentifikasi masalah, serta memberi saran, apakah lebih baik memperbaiki atau membeli HP baru.

HP Anda tidak bergaransi resmi atau sudah habis masa garansinya? Tak apa, anggap saja ini rezeki untuk mereka, meskipun jika kita mengatasi handphone restart sendiri sangat menghemat waktu dan uang. Alih – alih pergi ke tukang servis, kita bisa mengatasi sendiri dan berbagi dengan yang lain. Tertarik mencoba langkah di atas? Beritahu kami hasilnya di kolom komentar ya!

Baca juga artikel kami yang lainnya ya :

Related Posts

0 comments:

Post a Comment