Jadikan Aplikasi Android Anda Mesin Duit

shares


Mendapatkan Uang dari Aplikasi Android

Hampir setiap jam kita tak bisa lepas dari andoid dan beragam apliaksinya. Mulai dari WhatSapp, Blackberrry Messenger, Twitter, Instagram hingga game ringan seperti zombie. Tapi tahukah anda, para pemilik aplikasi itu bisa mendapatkan uang dari aplikasi android mereka yang anda mainkan?
Jika anda ingin seperti mereka, maka ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan. Kami akan berbagi cara untuk mendapatkan uang dari aplikasi android. Faktanya, sekarang ini untuk mendapatkan uang dari aplikasi android cukup sulit. Kurangnya konsep dan kreatifitas adalah penyebab utama. Dilihat dari permukaan, kesuksesan suatu aplikasi seakan tetap menjadi misteri. Lalu, bagaimana solusinya?

  • Aplikasi Unik dan Bermutu

Langkah awal adalah menciptakan aplikasi berkualitas. Pikirkan hal yang terlihat remeh – temeh namun dibutuhkan. Jangan kuatir, aplikasi yang baik selalu mengalami fluktuasi. Jadi, Anda tak perlu memperhatikan aplikasi yang sedang populer dan membuat tiruannya. Kalau bisa, gantikan posisi mereka. Selain itu, buatlah lebih dari satu aplikasi. Selain mempertajam kreatifitas anda, peluang anda mendapatkan uang dari aplikasi android pun semakin tinggi.

  • Gunakan Strategi Freemium

Wah, strategi apakah itu? Ini bisa anda terapkan dengan menggratiskan (free) aplikasi yang anda ciptakan untuk menarik perhatian pengguna. Sebagai catatan, Google menyediakan aplikasi gratis sebesar 60%, sedangkan iOs 29%, dari total aplikasi mereka (Distimo, Agustus 2010, pengamat pasar aplikasi). Setelah anda berhasil memperoleh pengguna yang cukup signifikan maka saatnya meluncurkan versi premium alias berbayar. Bedakan fitur antara dua versi itu. Jika anda mengupdate, dahulukan yang versi berbayar.

  • Teliti Tren Pengunduhan dan Tingkatkan Basis User


Lakukan survei secara berkala untuk menentukan penjualan. Cermati kapan anda harus memberikan diskon, bonus atau mempertahankan harga. Apabila ada kecenderungan kenaikan tingkat pengunduhan aplikasi anda, maka sebisa mungkin cari tahu apa alasannya. Anda harus responsif terhadap tren pasar, perhatikan feedback dari para user. Manfaatkan media sosial secara efektif untuk mempromosikan aplikasi anda.  Taktik promosi silang bisa anda gunakan. Caranya, di setiap aplikasi, berilah link untuk hasil kreasi anda yang lain. Semakin tinggi popularitas aplikasi anda maka semakin mudah menghasilkan uang dari aplikasi android.

  • Jadikan Pengguna Gratis Menjadi Berbayar.

Bagaimana bisa mendapatkan uang dari aplikasi android lebih cepat jika aplikasi anda banyak yang gratis? Oleh karena itu, anda butuh mengoptimalkan pemakaian oleh pengguna aplikasi anda. Ini tidak bisa anda lakukan tanpa analisa yang cermat dan komprehensif. Anda harus tahu karakter pengguna, baik yang gratis atau berbayar, kemudian kapan mereka mengurangi pemakaian. Untuk mendapatkan informasi ini, dibutuhkan aplikasi yang mampu memonitor semua tipe pengguna aplikasi anda. Saat anda sudah memperoleh data itu, maka anda bisa menempatkan link pada versi gratis untuk mengupgrade ke versi berbayar. Selanjutnya, pantau performa link ini dan gunakan sebagai pedoman untuk langkah selanjutnya.  Pasar aplikasi android memang masih sangat menguntungkan bagi pengembang dengan pola pikir yang tepat dan, melihat kecenderungan yang ada, akan terus berkembang.

  • Tentukan Harga

Sebaiknya anda menentukan harga maksimum untuk aplikasi anda. Distimo menginformasikan bahwa harga aplikasi yang ada di pasar android adalah yang termurah. Sebagai perbandingan, harga rata – rata 100 aplikasi berbayar terlaris masih lebih tinggi daripada harga rata – rata semua aplikasi berbayar ($4.57 vs. $3.23). Untuk memperoleh uang dari program android anda, pastikan harga aplikasi anda sepadan dengan kualitasnya.

  • Update Rutin

Jangan lupa untuk terus memperbarui aplikasi anda. Ini akan menunjukkan bahwa aplikasi anda selalu berkembang. Pembaruan juga menunjukkan kalau aplikasi anda masih eksis.  

Itulah sebagian cara untuk mendapatkan uang dari aplikasi android. Jadi, kita tak hanya bisa menghabiskan kuota, tapi juga mampu menjadikan aplikasi android sumber penghasilan. Jika anda punya cara lain, silahkan berbagi di kolom komentar.

Baca Juga Artikel kami yang lainnya :



Related Posts

0 comments:

Post a Comment