Penyebab HP Cepat Panas dan Solusinya

shares


Mengatasi handphone cepat panas

Kemunculan smartphone Android benar –benar surga bagi penggemar aplikasi. Developer berlomba mengeluarkan game dan aplikasi yang sangat menyita waktu dan tenaga kita. Jika HP kita dipakai terlalu lama, sering terjadi over heating yang amat berbahaya. Masih wajar kalau kenaikan suhu tidak terlalu cepat. Namun, jika baru dipakai sebentar sudah hangat atau panas, tandanya ada masalah pada HP anda. Tak pelak, kita harus punya solusi untuk mengatasi handphone cepat panas. Beberapa langkah ini bisa anda lakukan sebelum membawanya ke service center terdekat.

Cek Bagian HP yang Cepat Panas. 

  • Periksa HP anda dengan teliti dan hati – hati karena ada kemungkinan bukan HP anda yang cepat panas tetapi hanya pada masalah baterai dan charger. Perhatikan sumber panas, apakah ada di depan, belakang, atau bagian bawah. Bila di bagian belakang, kemungkinan baterai sudah uzur dan tidak bekerja secara normal. Maka, untuk menyembuhkan handphone anda yang cepat panas, bisa mengganti baterai atau charger. Sebelumnya, anda coba dulu dengan charger dari hp lain. Apabila tidak ada masalah maka poinnya ada pada charger.

 Cek Aplikasi yang Sedang Aktif

  • Cara berikutnya mengatasi suhu handphone yang mudah naik adalah memeriksa aplikasi yang berjalan. Aplikasi yang terlalu banyak bisa menyebabkan HP mudah panas. Ibarat kita mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan, maka otak kita akan cepat lelah dan butuh istirahat, begitu pula dengan handphone. Seringlah memeriksa dengan menekan tombol home screen pada layar. Matikan aplikasi yang kurang berguna, sisakan 2 atau tiga saja.

Terlalu Lama Menggunakan Aplikasi

  • Menggunakan aplikasi terlalu lama juga salah satu penyebab. Tak bisa diingkari, menonton video, memainkan game favorit sambil mendengarkan lagu favorit via headset, memang sangat mengasyikkan hingga kita lupa waktu. Apalagi jika kita menggunakan standing iRing, tahu – tahu ketika kita menerima panggilan, HP sudah terasa panas. Coba untuk membatasi penggunaan aplikasi.

Gaming & Streaming 

  • Penggemar sepakbola sering melakukan hal ini, karena kadang – kadang tim favorit mereka tidak disiarkan di TV swasta ataupun TV kabelLalu, game seperti RPG, augmented reality sangat membutuhkan performa dan hardware yang prima. Walaupun spesifikasi HP tinggi, namun apabila dihajar terus – menerus maka jebol juga, apalagi jika prosesornya pas – pasan. Gunakan timer dan kurangi waktu bermain.

Cek Kondisi Baterai 

  • Ini murni berhubungan dengan hardware HP, yaitu baterai. Jika anda pernah mengganti baterai dan setelah satu atau dua bulan, terasa peningkatan suhu yang tidak wajar, segera cek kualitas baterai, apakah orisinal, atau abal – abal alias KW1. Jika abal – abal, gantilah dengan baterai original, karena itu bisa menjadi salah satu jawaban mengatasi handphone cepat panas. Sepengetahuan penulis, meskipun tergolong lebih murah, namun baterai non orisinal sangat berisiko. Selain umurnya pendek, juga berpengaruh pada performa HP dalam jangka panjang.

 Ventilasi 

  • Anda sering mengantongi HP dalam saku jeans depan? Jika iya, bisa jadi ini salah satu penyebab HP anda cepat panas. Biasakan untuk mengeluarkan HP anda sesekali dan biarkan dia “bernafas” sejenak. Lebih baik lagi jika anda menyimpannya di tas atau dompet HP yang terpisah dan mudah terkena aliran udara.

 Hati-Hati Terkena Air 

  • Air yang masuk ke dalam baik terciprat atau bahkan terendam meski sebentar akan menyebabkan aliran listrik mengalami gangguan. Selain panas, bisa menyebabkan HP anda mati total. Solusinya, hindarkan dari air, bisa dengan waterproof case. jika sudah terlanjur, segera copot baterai dan keringkan secara alami, atau dengan hairdryer. Jangan buru – buru menyalakannya.


Kawan, cara – cara di atas patut anda coba untuk mengatasi handphone cepat panas. Jika sudah mempraktekkan, boleh anda tuliskan pengalaman di kolom komentar. Mungkin ada yang menemukan cara baru memecahkan masalah ini.  


Related Posts

0 comments:

Post a Comment