Cara Mengontrol Screen Time, Batasi Anak Bermain Gadget

shares



Cara Mengontrol Screen Time, Batasi Anak Bermain Gadget


Pembentukan karakter manusia yang berbudi luhur memang perlu ditanamkan sejak usia dini. Karena itulah, para orang tua harus menemukan cara mengontrol screen time, batasi anak bermain gadget agar tidak terlalu berlebihan karena efek buruknya lebih besar daripada manfaatnya. Hal ini karena banyak sekali konten pada smartphone yang belum layak ditonton anak-anak sehingga orang tua perlu memberikan durasi terbatas dan selalu mendampinginya ketika bermain gadget. 

Bagaimana Cara Mengontrol Screen Time 

Mungkin salah satu cara terbaik yaitu memberikan jadwal satu minggu sekali ketika libur sekolah dan itupun waktunya perlu dibatasi. Karena jika anak-anak dibiarkan bebas bermain apa saja sesuka hatinya tanpa ada batasan waktu untuk membagi dengan kegiatan lainnya, maka anak tersebut tidak akan memiliki sikap disiplin. Anak-anak akan lebih suka menunda waktu dan akhirnya kebebasannya tidak terkontrol serta menyepelekan waktu untuk belajar dan lainnya.
  
Jika orang tua tidak bisa bersikap tegas untuk mendidik anak-anaknya dalam sikap disiplin waktu, maka efeknya bisa menimbulkan sikap malas bagi anak-anak. Usia anak-anak memang waktunya untuk latihan dalam pembentukan kebiasaan yang baik dengan cara mengontrol screen time, batasi anak bermain gadget. Setiap manusia memang hidup dengan kebiasaan, jika sudah memiliki kebiasaan disiplin dan tanggung jawab sejak kecil, maka sikap ini juga akan terbawa sampai dewasa.

Aplikasi Screen Time Parental Control

Screen time adalah sebuah aplikasi yang dibuat khusus untuk mengontrol anak-anak dalam penggunaan gadget dengan cara mengunci sebuah aplikasi secara terjadwal. Aplikasi ini juga disertai tingkat keamanan dengan kata sandi ketika menginstallnya sehingga tidak bisa di hapus orang lain. Cara kerja aplikasi ini yaitu sebagai timer untuk mengunci sebuah aplikasi dalam gadget dalam waktu yang sudah disetting sehingga jika sudah sampai batas waktunya, maka aplikasi yang dikunci tidak bisa dibuka atau dimainkan.

Dengan kata lain bahwa aplikasi ini adalah cara mengontrol screen time, batasi anak bermain gadget dengan strategi halus tanpa perlu dimarahi ataupun dengan cara kasar lainnya. Hal ini merupakan sebuah metode otomatis untuk mengendalikan anak-anak agar tidak terlalu berlebihan dalam bermain gadget. Tentu saja metode pengendalian remote atau timer pada aplikasi ini lebih efektif daripada dengan memberikan nasehat ataupun mendidik dengan kata-kata.

Aplikasi ini juga bisa melacak penggunaan gadget dengan melihat laporan history apa saja aplikasi yang sudah dimainkan. Dengan adanya aplikasi ini, para orangtua bisa sedikit lega tanpa harus selalu memantau secara langsung atau mendampinginya secara terus menerus, namun masih bisa mengawasinya dari jarak jauh.

Aplikasi yang memiliki fungsi sebagai cara mengontrol screen time, batasi anak bermain gadget ini hanya bisa di download smartphone atau gadget yang menggunakan sistem operasi Android 4.0 atau buatan diatas tahun 2104. Jadi, para orangtua tidak perlu khawatir karena sebagian besar smartphone yang digunakan sudah support dengan aplikasi ini.

Aplikasi yang Perlu di Timer dengan Screen Time

  • Aplikasi Game
Bermain game melalui smartphone atau gadget sudah memasyarakat bagi anak-anak kecil dan jika aplikasi game tersebut dihapus, maka efeknya kurang baik. Hal ini karena banyak anak-anak lain yang menggunakan game pada gadgetnya sehingga akan membuat mental anak kita merasa diintimidasi. Yang perlu dilakukan yaitu dengan cara mengontrol screen time, batasi anak bermain gadget dan hanya membatasi satu game hanya bisa dimainkan unt 30 menit atau 1 jam.   

  • Youtube
Situs video ini memiliki banyak konten untuk orang dewasa, walaupun terdapat beberapa video anak-anak. Banyak sekali video yang tidak layak untuk ditonton anak-anak sehingga penggunaannya perlu dibatasi atau bahkan dikunci saja. Jika anak-anak ingin melihat video di Youtube, orangtua perlu mendampingi atau download video yang diinginkan sehingga masih tetap bisa menontonnya   
  • Media Sosial   
Banyak sekali situs jejaring sosial media yang tersebar di internet dan sebagian besar para pengguna situs sosial tidak bisa melakukan kontrol ketika mengupload video dan foto. Banyak sekali video dan gambar yang tidak pantas diupload dan tidak layak dilihat anak-anak. Maka sebaiknya aplikasi media sosial memang perlu dibatasi dengan ketat atau dikunci permanen sebagai cara mengontrol screen time, batasi anak bermain gadget.  

Artikek yang Berkaitan :

Related Posts

0 comments:

Post a Comment