Handphone Basah Bikin Susah? Ini Solusinya!

shares


Hampir setiap waktu kita membutuhkan handphone. Bahkan, untuk sebagian, handphone adalah nyawa kedua mereka. Betapa tidak, keberadaan handphone bisa menggantikan laptop atau kamera. HP bisa dipakai mengerjakan tugas  ringan seperti membalas email, ataupun menangkap momen – momen penting, misalnya: ulang tahun, liburan.. Nah, bila kita ceroboh, bisa saja handphone kita jatuh ke dalam air, toilet atau washtafel. Untuk itu kita memerlukan beberapa langkah sebagai pertolongan pertama pada HP yang terkena air. Berikut ini kami bagikan solusi handphone terendam air.
Ketika HP Anda tercebur ke air, segera keluarkan, karena terlambat beberapa detik bisa mengakibatkan lebih banyak air masuk dan HP Anda tidak tertolong lagi. Sebelumnya, kami akan menunjukkan tindakan yang wajib dihindari dalam mengatasi handphone yang basah.

Ketika Handphone Baru Terendam Air

  • Jangan menyalakan HP. Ini adalah kesalahan fatal yang sering dilakukan. Dengan menyalakan HP dalam kondisi basah, maka sangat berpotensi memicu konsleting.
  • Jangan menekan tombol apapun. Sama dengan sebelumnya, arus listrik yang mengalir dalam kondisi basah bisa mematikan HP Anda selamanya.
  • Jangan menggoyang atau meniup HP Anda, karena ini bisa menyebabkan air merembet ke bagian yang sebetulnya masih aman.
  • Yang terakhir, jangan memanaskan HP dengan alat apapun (hair dryer dan sejenisnya).

Mengeringkan Handphone 

  • Pertama, jika HP Anda masih hidup segera matikan dan pegang HP secara mendatar dengan hati – hati agar air tidak menyebar. Lepaskan silicon, hard case atau apapun pelindung HP Anda, keluarkan kartu SIM serta memori card dari slotnya.
  • Kedua, buka bagian belakang HP, lepaskan baterai dari tempatnya jika memungkinkan.
  • Ketiga, ambil lap dan serap air yang ada di dalam HP, bisa juga menggunakan tissue kering. Hati – hati supaya tidak menyebabkan air merambah bagian lain. Usahakan menyerap ar sebanyak mungkin.
  • Jika air masuk cukup banyak, Anda bisa menggunakan vacuum untuk menyedot air dari bagian – bagian yang susah dijangkau. Sekali lagi, Anda harus memastikan kalau microSD card, SIM card, dan baterai sudah terlepas sebelum melakukan tindakan ini.
  • Ambil beras secukupnya, masukkan dalam tas yang rapat, dan rendam HP Anda di dalamnya. Mungkin ini terdengar aneh, namun cara ini diklaim bisa menyembuhkan handphone terendam air. Beras sangat ampuh menyerap air dan ini merupakan cara standar mengeringkan ponsel pintar dan tablet. Atau, belilah kantong khusus yang bisa mengeringkan HP, sangat berguna jika Anda termasuk orang yang kurang hati – hati. Waktu sangat berharga, jadi, masukkan HP Anda secepatnya ke dalam beras. Setelah itu tunggu hingga 3 – 5 hari untuk hasil yang maksimal. Jangan tergoda untuk menyalakan selama proses ini. Sementara itu, Anda bisa meminjam HP saudara atau teman yang tidak terpakai. Setelah 3 – 5 hari, ambil HP Anda dari beras, pasang baterai dan coba menyalakannya. Jika HP tidak menyala, charge baterai HP. Apabila tidak mau dicharge, kemungkinan baterai Anda yang rusak, pasang baterai yang lain. Apabila HP Anda menyala, dan berjalan normal, maka Anda harus memerhatikannya selama beberapa hari. Ini mengantisipasi masalah seperti reboot, tidak berfungsinya beberapa fitur, dan lain – lain. Anda bisa mendengarkan radio, memainkan lagu dan pastikan layar sentuhnya masih bekerja dengan baik.
  • Namun, jika solusi handphone terendam air yang kami kemukakan di atas tidak ada yang berhasil, maka kami menyarankan untuk membawanya ke service center resmi terdekat, apabila masih dalam masa garansi. Selanjutnya, pertimbangkan untuk membeli tempat HP yang tahan air dan hindari membawa HP ke kamar mandi atau kolam renang . Atau, jika Anda merasakan ada yang tidak beres dengan HP itu, sebaiknya Anda segera menjualnya. Sebagai gantinya, Anda bisa pertimbangakan HP tahan air. Beberapa produsen telah merilis tipe HP yang tahan debu, air bahkan goncangan.

Itu tadi artikel kami mengenai solusi handphone terendam air. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa jika Anda punya cara lain, silahkan berbagi di kolom komentar ya!

Baca Juga Artikel Kami yang Lainnya :

Related Posts

0 comments:

Post a Comment