Tak Bisa Mengisi Baterai HP? Simak Solusinya Di Sini!

shares


Masalah baterai HP tidak bisa penuh walaupun sudah dicas sering dialami para pengguna HP baik Android maupun Java. Kadang malah arus listrik tidak bisa masuk sama sekali. Bayangkan, saat Anda pulang dari kantor, selepas bebas dari macet, di hari yang sangat melelahkan, dan melihat nyawa baterai HP tinggal 5%. Sebelum beristirahat, Anda menyempatkan diri untuk mengecas HP. Lho, kok nggak bisa masuk arusnya? Lengkap sudah penderitaan Anda saat itu. Benar – benar melelahkan, setali tiga uang dengan usaha mencari cara mengatasinya. Tenang dulu, jika Anda mencari solusi HP dicas tidak mengisi, maka Anda berada di jalan yang benar.
Jujur saja, hal ini telah menjadi perhatian kami sejak lama, maka kami berusaha mencarikan solusi masalah HP dicas tetap kosong untuk menyelamatkan para korban. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi: gawai Anda tidak bisa dicas alias tak ada reaksi ketika charger dicolokkan, atau arus masuk namun sangat lambat. Begitu pelannya sehingga baterai HP malah lebih cepat habis daripada pengisian. Berikut hadirkan beberapa cara memeriksa baterai Anda dan mengatasi masalah HP dicas tidak mengisi.

Unduh Aplikasi Ampere

Aplikasi Ampere merupakan alat bantu memeriksa apakah HP Anda bisa diisi atau tidak sekaligus mengetahui berapa persen HP Anda terisi. Oleh karena itu, di samping bermanfaat untuk mengetahui bisa tidaknya HP Anda dicas, aplikasi ini juga bermanfaat menentukan cara pengecasan yang paling tepat. Jika angka yang terdapat pada ampere berwarna hijau, maka HP Anda bisa dicas. Tetapi, jika muncul  warna oranye diikuti tanda minus dan angka, maka ada masalah. Gunakan aplikasi ini kembali setelah Anda mengeksekusi solusi HP dicas tidak masuk dari kami di bawah ini.

Cek Stop Kontak

Cara kedua memperbaiki HP dicas tidak mengisi adalah dengan mencoba stop kontak yang berbeda. Ada kemungkinan masalah bukan pada HP maupun charger Anda, tetapi justru pada sumber arus listik yang Anda gunakan. Jika Anda mengecas dari stop kontak di dinding, cobalah untuk berpindah tempat atau mengecas langsung dari PC / laptop. Bila Anda mengecas dari port USB, pindah ke port lain atau gunakan adapter. Kalau setelah melakukan langkah tadi HP Anda bisa terisi, maka masalah selesai. Sebaiknya Anda memanggil tukang listrik atau mekanik komputer untuk memerbaiki laptop / PC Anda.

Cek Kabel Cas 

Ada dua komponen yang harus Anda periksa sebelum mereboot HP dan mencoba memperbaiki soket USB, yaitu : adapter di dinding dan kabel pengecasan. Kabel charger sangat rentan mengalami kerusakan. Kabel charger merupakan masalah yang paling umum ketika pengecasan tidak berjalan normal. Ini cukup logis karena kabel charger sering tertekuk dan melintir yang bisa merusak kabel. Coba dengan kabel lain, jka Anda tidak punya, bisa meminjam saudara atau teman Anda. Kemudian periksalah adapter dinding, ada kemungkinan port USB pada adapter mengalami kerusakan.

Matikan HP 

Jika Anda sering memainkan game di HP dengan intensitas dan kebutuhan grafis yang tinggi sekaligus mengecasnya, mungkin saja HP Anda mengonsumsi baterai lebih capat daripada mengisinya. Memang, cara terbaik mengecas HP adalah ketika HP mati
Periksa soket USB. Ketika kabel dan adapter baik – baik saja, saatnya berpindah ke bagian lain. Kadangkala masalahnya bersumber pada konektor logam di port USB kotor, sehingga tidak bisa mengalirkan arus ke HP. Anda cukup mengambil pin untuk membersihkannya. Hati – hati karena bisa saja Anda malah merusaknya.

Ganti Baterai 

Solusi HP dicas tidak mengisi berikutnya adalah mengganti baterai. Ini akan mudah jika baterainya bukan baterai tanam. Namun, jika baterai tanam, sebaiknya Anda ke service center resmi.
Upgrade / Downgrade. Ada dua cara disini, Anda bisa mengupgrade OS HP Anda ke versi terbaru untuk mengatasi problem Anda. Namun sebaliknya, jika masalah ini terjadi setelah Anda melakukan upgrade, sebaiknya downgrade OS HP Anda ke versi sebelumnya yang terbukti lancar.

Demikian ulasan kami tentang solusi HP dicas tidak mengisi. Semoga artikel pendek ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda berhasil atau bahkan menemukan cara baru untuk memecahkan masalah tersebut, silahkan berbagi di kolom komentar ya, terimakasih!

Related Posts

0 comments:

Post a Comment