Cara Blokir Iklan di Android

shares



Cara Blokir Iklan Pada Android

Bermain game ataupun aplikasi lainnya memang mengasyikkan dan jika sambungan internet dinyalakan, maka akan banyak iklan yang muncul tanpa diundang. Hal ini memang kadang meresahkan sebagian orang, lalu mencari cara blokir iklan pada android agar tampilan lebih bersih dari iklan apapun. Ada beberapa cara untuk menghindari iklan atau bahkan memblokirnya agar tidak tampil lagi dalam layar smartphone.

Sebenarnya iklan hanya akan tampil jika android terhubung dengan internet dan langkah paling mudah untuk menghindari iklan dengan mematikan internet. Namun banyak pengguna smartphone yang harus selalu menyalakan internet untuk keperluan komunikasi atau lainnya sehingga harus selalu online. Tapi jangan khawatir, karena banyak sekali aplikasi pemblokir iklan yang bisa diunduh melalui Playstore atau sumber lainnya.

Pengertian Cara Blokir Iklan Pada Android Sistem Root atau Non-Root

Beberapa cara untuk melakukan blokir iklan yaitu dengan android yang sudah di root maupun non root. Root adalah cara untuk mengubah sistem android agar bisa dikendalikan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Hal ini bisa mengubah dan menambah aplikasi ataupun menghapus software bawaan android. Sang pemilik bisa bebas melakukan apapun, namun kartu garansi android menjadi hangus. Hal ini karena penggunaan android sudah di luar batas kendali dari mesin android yang sudah di set secara otomatis.

Blokir Iklan Android yang Sudah Root

Smartphone yang sudah root memang lebih mudah untuk dikendalikan dan salah satunya jika ingin memblokir iklan yang wara-wiri. Ada beberapa aplikasi blokir iklan yang bisa dipasang sehingga tampilan layar tidak terganggu lagi.  Diantara aplikasi yang biasa digunakan antra lain AdAway, AdFree dan AdBlock serta aplikasi lainnya. Untuk mendownload aplikasi ini bisa melalui situs Download9Apps sebagai alternatif selain Playstore.

Jika sudah memasang aplikasi 9Apps, maka bisa membukanya dan mencari aplikasi blokir iklan pada kolom pencarian dengan memilih aplikasi AdAway, AdFree, Adblock atau lainnya. Selanjutnya akan keluar aplikasi yang diinginkan dan terdapat tombol gratis yang bisa dipencet untuk mendownloadnya. Jika memilih aplikasi AdFree, maka masih ada lagi yang harus dilakukan ketika telah memasang aplikasi tersebut dan masuk di dalamnya.

Selanjutnya harus mendownload dan install host atau server agar aplikasi pemblokir iklan bisa dijalankan. Setelah selesai mendownload, maka ada pilihan server atau localhost yang akan digunakan dan lebih baik menggunakan pilihan paling atas yang bertuliskan Use dengan angka atau kode server. Kemudian aplikasi AdFree sudah bisa dijalankan dan tidak akan ada lagi iklan yang akan tampil.

Untuk aplikasi blokir iklan lainnya bisa mencari di Google dan tentunya masih banyak lagi yang bisa dipilih, namun untuk tingkat keamanan virusnya tidak terjamin. Hal ini karena jika melakukan download aplikasi di sembarang tempat, maka bisa beresiko terkena virus yang dibawa saat mendownload aplikasi yang diinginkan atau sumber tak dikenal.

Blokir Iklan Android Non-Root

Bagi yang tidak suka utak-atik android , masih bisa mendownload aplikasi untuk blokir iklan dengan cara menginstal aplikasi DNS66 yang memiliki fitur lengkap aplikasi blokir iklan. Jika DNS66 sudah terpasang, maka bisa membukanya atau memencet tombol start. Selanjutnya memilih tombol Hosts untuk menentukan aplikasi blokir iklan yang akan digunakan.

Terdapat daftar aplikasi iklan yang akan digunakan dan jika sudah memilih, maka perlu menekannya agar warna aplikasi tersebut berubah dari merah menjadi hijau. Kemudian perlu dilakukan refresh untuk memantau apakah VPN atau aplikasi blokir iklan sudah bisa digunakan atau belum. Jika proses download VPN belum selesai, maka perlu menunggu sampai unduhan terselesaikan. Jika unduhan telah selesai, maka bisa buka VPN untuk memulainya dengan menekan tombol OK dan bisa beroperasi secara otomatis untuk memblokir iklan yang masuk.   

Blokir Iklan dengan Install UC Browser       

Sudah banyak pengguna smartphone yang mengetahui tentang UC Browser dan bahkan sudah biasa menggunakannya sebagai mesin pencari sebagai alternatif Google. Ternyata pada UC Browser juga memiliki pengaturan untuk melakukan blokir iklan, namun harus melakukan setting dahulu pada halaman pengaturannya. Kolom setting terdapat pada pojok kanan atas dengan tanda 3 garis kecil untuk menuju pada halaman pengaturan.

Selanjutnya terdapat menu blokir iklan atau Adblocker dan bisa memilih untuk mencentang semua iklan yang akan tampil agar browser terbebas dari iklan. Pada fitur ini juga terdapat pengaturan untuk memblokir situs iklan yang layak tampil atau tidak. UC browser merupakan cara blokir iklan pada android yang sangat mudah dan tidak memerlukan pengaturan yang sulit.  

Artikel yang Berkaitan :

Related Posts

0 comments:

Post a Comment